Famous Food

PIRI PIRI CHICKEN

Hasil gambar untuk piri piri chicken merupakan
     Piri piri chicken adalah kuliner khas dari negara Mozambik. Piri piri dalam bahasa Malawi (Afrika Selatan) berarti cabe rawit Oleh karena itu sajian berupa ayam bakar ini berbahan dasar cabe rawit. Para turis umumnya mengenal piri piri chicken ini dengan sebutan ayam panggang piri piri. Ada dua versi tentang asal mula dari makanan ini, yang pertama menyebutkan bahwa makanan ini berasal dari Portugis, dan sumber yang lain menyebutkan bahwa makanan ini berasal dari Afrika Selatan.

     Piri piri chicken sendiri adalah makanan perpaduan antara arab, portugis, dan oriental. Piri piri chicken dihidangkan secara tradisional bersama matapa, sepiring daun singkong yang dimasak dalam saus kacang khas Mozambik. Yang menjadikan olahan ayam ini terasa nikmat karena proses perendaman bumbu piri pirinya itu sendiri. Makin lama ayam direndam di dalam bumbu, makin enak hasilnya, karena bumbunya akan menyerap dengan sempurna. Proses pembakaran juga mempengaruhi hasil akhir.




PIEROGI

Hasil gambar untuk pierogi
     Pierogi dalam bahasa Polandia berarti kue pai. Pierogi terbuat dari tepung terigu, kol, ikan, ayam, sapi atau babi, kentang, keju, hingga berbagai jenis buah-buahanpun bisa dijadikan sebagai isiannya yang kemudian direbus lalu digoreng. Kuliner asal Polandia ini biasa disajikan dengan bawang goreng dan juga krim asam. Penganan ini berbentuk setengah lingkaran menyerupai kue pastel. Pierogi sebagai dessert dapat diisi selai, atau buah segar.

     Pierogi dianggap sebagai hidangan nasional negara Polandia, penganan ini disajikan di banyak festival budaya. Beberapa buku masak pada abad ke-17 menunjukkan bahwa pierogi merupakan makanan pokok orang Polandia, dan setiap hari libur memiliki satu jenis pierogi khusus, misalnya pierogi khusus natal akan berbeda dengan pierogi-pierogi untuk hari libur lainnya.



ROTI CANAI

Hasil gambar untuk roti canai merupakan
   Roti canai merupakan kudapan yang berasal dari India. Di Asia Tenggara sendiri sangat mudah menemui makanan ini di negara Malaysia, Singapura, hingga Indonesia, terutama di Aceh. Roti ini dibawa oleh masyarakat Arab ke Indonesia, roti ini kemudian dikenal dengan nama roti maryam. Roti maryam biasa dimasak dengan bahan-bahan manis seperti gula, madu, dan sebagainya, namun bisa juga dicampur dengan potongan daging berukuran kecil kemudian disiram dengan kari kambing.

     Roti canai berasal dari kota Chennai di India, Canai berarti adonan yang digulung dalam bahasa Melayu. Lapisan-lapisan tepung yang tidak menyatu satu sama lain, serta rasa yang cenderung datar namun gurih menjadi karakter unik dari makanan ini. Kudapan yang berbahan dasar tepung dan lemak ini dikatakan sebagai cikal bakal Martabak yang berbahan dasar sama, hanya saja dengan beragam isian daging dan bumbu di dalamnya. Kari ayam ataupun kambing masih menjadi teman makan yang sempurna dalam menikmati kudapan roti canai ini.

Komentar