Others

Jenis - jenis Lettuce dan Chocolate

1. Lettuce
Lettuce memiliki beberapa varietas atau jenis yang berbeda-beda. Tiap jenis lettuce memiliki ciri tersendiri seperti head lettuce yang memiliki bentuk seperti kepala mencolok. Salah satu jenisnya adalah seladalokal yang terkenal di pasar dengan nama selada. Pemberian nama selada mungkin karena sayuran ini biasa disajikansebagai salad
Adapun jenis - jenisnya yaitu :

* Lollo Verde
Memiliki daun yang ramping dengan bagian ujung bergelombang. Tulang daunnya empuk, berwarna putih. Biasanya daun selada keriting ini berwarna hijau muda hingga kuning muda, cita rasanya netral, cocok dipadukan dengan beragam dressing.

*Lollo Rossa
Berada pada kategori yang sama dengan selada keriting. Bedanya, jenis dedaunan ini ujungnya berwarna kemerahan. Teksturnya lembut, namun tetap renyah. Dipercaya mengandung antioksidan, jenis quercetin yang tinggi, kerap digunakan sebagai campuran dalam mesclum.

*Iceberg Lettuce (Head Lettuce)
Jenis selada bonggol yang besar dengan lembaran daun berlapis - lapis yang padat. Teksturnya renyah dengan cita rasa segar. Di beberapa negara Eropa, selada jenis ini hanya bisa ditemukan pada musim panas. Setelah panen selada bokor ini harus segera di konsumsi karena daya tahannya hanya sekitar 24 jam.

*Cos/ Romaine Lettuce
Daunnya lebar berwarna hijau dengan bentuk oval memanjang menjadi dasar untuk pembuatan cesard salad yang tersohor. Sekilas mirip sawi putih. Romaine lettuce atau yang lebih di kenal Cos merupakan lettuce yang paling digemari dalam bentuk hidangan salad.

*Boston Lettuce / Escarole
Disebut juga selada batavia, memiliki bonggol di bagian pangkalnya dengan helai daun yang lepas. Daunnya sedikit bergelombang dan bercita rasa segar dengan tekstur renyah. Selain cocok dengan campuran salad, sering juga di gunakan untuk sandwich


*Radicchio
Memiliki daun berwarna merah gelap dengan semburat putih pada bagian batang. Bentuknya bulat atau memanjang dan rasanya sedikit pahit. Populer di pakai dalam sajian salad dari dapur Italia karena agak pahit, Radicchio kerap di masak terlebih dahulu. Terkadang ditambah wine untuk memperkaya rasa.

*Butterhead (Var. Asparagina)
Termasuk dalam kelompok head lettuce (bentuk dan ukurannya seperti kepala). Bonggol daunnya tidak terlalu rapat. Dinamai butterhead karena daunnya bertekstur lembut dan terasa sediikit 'manis' dan gurih layaknya mentega. Lettuce jenis ini ada dua varian, yaitu hijau dan merah (Salanova red butterhead)



2. Chocolate

* Couverture Chocolate
Jenis coklat asli yang biasanya mengandung lemak coklat dan chocolate mass, dimana rasanya cenderung pahit dan harganya lebih mahal. Coklat ini cepat lumer di mulut dan memiliki rasa "fruity" yang agak pahit. Selain rasanya yang enak, coklat ini juga baik untuk kesehatan.

*Compound Chocolate
Coklat ini hampir sama dengan Couverture Chocolate, tetapi cocoa butternya digantikan dengan lemak nabati yang murah seperti minyak kelapa atau soya. Rasa Compound Chocolote cenderung semi sweet tapi penangannanya lebih muda dari pada couverture. Ada 3 jenis Compound Chocolate, yaitu :
- Dark Chocolate Compound : ini adalah coklat batangan yang berwarna pekat, dimana rasa coklatnya lebih terasa dan tidak mengandung susu. Coklat ini biasanya digunakan untuk kue dan makanan ringan lain.

- Milk Chocolate Compound : Ini adalah coklat batangan yang berwarna coklat, dimana perawatannya dari campuran gula, kakao, coklat cair, susu dan vanila.

- White Chocolate Compound : Ini adalah coklat batangan berwarna putih yang mengandung coklat dan cacao butter.



*Kakao
Coklat ini terbuat dari massa kakao yang lemaknya sudah dipisahkan, coklat ini sangan mudah diolah dan ekonomis.

*Coklat Cair
Coklat cair adalah produk minuman yang mengandung massa kakao dan kadar gula yang tinggi.

*Coklat Bubuk
Adalah coklat yang mempunyai aroma kuat, tidak tengik, dan tidak berjamur. Coklat bubuk yang berwarna pekat dan beraroma pahit. Sangat berguna untuk mengeringkan adonan kue.

*Coklat Tawar
Coklat ini biasanya digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringan. Persentase massa kakao dalam coklat ini bervariasi antara 30 - 70 persen. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao, semakin baik rasanya.

*Coklat Susu
Terbuat dari campuran gula, kakao, coklat cair, susu dan vanilla. Rasanya lebih manis di bandingkan coklat tawar, dan massa kakaonya cukup rendah, yaitu 20 persen.

*Coklat Putih
Coklat ini tidak mengandung massa kakao yang tinggi. Coklat ini terbuat dari lemak coklat, gula dan vanili yang tidak mengandung coklat padat. Sama seperti chocolate compound, Coklat ini juga sering digunakan untuk dekorasi.

Komentar