Famous Food

KARI MASSAMAN

Hasil gambar untuk kari massaman
    Kari massaman adalah kari yang berasal dari Thailand yang bercita rasa gurih dan lembut. Hidangan yang oleh CNNgo ini di beri predikat sebagai salah satu makanan terenak di Asia. Racikan bumbu yang pas serta bahan-bahan yang segar yang berpadu menjadi hidangan yang unik yang menggugah selera.

     Massaman atau matsaman bukanlah istilah asli dalam Bahasa Thailand. Ini mungkin merujuk kepada umat Muslim, dalam Bahasa Perancis pada abad ke-19 menyebutnya sebagai "Kari Mussulman". Mussulman ialah penyebutan untuk Muslim dalam beberapa bahasa Eropa dalam bentuk kunonya. Kari massaman pada versi originalnya menggunakan sari jeruk maupun nenas sebagai bahan tambahannya ini biasa dimakan dengan nasi hangat.

     Untuk asal mula hidangan ini, ada yang mengatakan bahwa aslinya kari Massaman dibawa oleh saudagar sutra asal Persia bernama Sheik Ahmad Qommi. Kari Massaman umumnya menggunakan daging sapi, bebek, ayam atau bahkan tahu dan sayuran, karena pada dasarnya merupakan hidangan untuk kaum muslim. Namun ada juga yang mengatakan jika hidangan ini berasal dari Thailand Selatan dimana untuk bahan-bahannya dibawa oleh pedagang Arab dan Persia berupa rempah-rempah dari Indonesia ke pesisir selatan Thailand, kemudian dipadukan dengan makanan Thailand.



ASSAM LAKSA PENANG

Hasil gambar untuk Assam laksa penang
     Laksa adalah hidangan sejenis mie yang ditaruh bumbu hasil perpaduan Melayu dan Tionghoa. Kata 'Laksa' sendiri berarti banyak, menurut bahasa Sansekerta. Kata banyak merujuk pada penyajian hidangan ini yang memadukan berbagai macam bumbu didalamnya. Bumbu dan bahan masakannya itu tergantung dari daerah atau negara mana laksa itu berasal. Laksa mempunyai beberapa jenis, yang paling dikenal yaitu berjenis Laksa Penang, dimana bentuk mienya bulat putih dan sedikit Tebal. Indonesia juga memiliki beberapa jenis laksa seperti Laksa Bogor dan Laksa Betawi.

     Penang assam laksa merupakan salah satu makanan khas dari Negeri Jiran. Hidangan ini terbuat dari olahan daging ikan tenggiri dengan perpaduan bumbu rempah segar serta kaldu yang khas tanpa santan.



TOM YAM GOONG

Hasil gambar untuk tom yam goong
     Tom yam merupakan salah satu kuliner yang cukup terkenal yang berasal dari Thailand, soup ini memiliki rasa pedas dan asam serta harum aroma rempah dan bumbu. Di Thailand sendiri, tom yam biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay, atau tom yum to taek) dan jamur. Kuah tom yam dibuat dari kaldu, sereh, daun jeruk purut, lengkuas, air jeruk nipis, kecap ikan dan cabai bubuk.

     Tom Yam terdiri dari dua suku kata Bahasa Thailand. Tom berarti direbus, dan Yam yang merujuk pada rempah-rempah Thailand dan sayuran. Karena itulah sup ini memiliki rasa rempah yang kuat, disajikan panas-panas, dan berisi potongan-potongan sayuran.

    Tom Yam Goong sendiri merupakan tom yum yang paling populer di seluruh dunia. Tom yam ini berasal dari Rattanakosin Raya.

Komentar