Describe Some Ingredients

 1. Garam Dapur
     Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya garam dapur yang tersedia secara umum adalah Natrium klorida (NaCI) yang dihasilkan oleh air laut. Garam dalam bentuk alaminya adalah mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite.
     Garam sangat diperlukan tubuh, namun bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu garam juga digunakan untuk mengawetkan makanan dan sebagai bumbu. Untuk mencegah penyakit gondok, garam dapur juga sering ditambahi yodium.

Nutrisi :

- Magnesium
- Kalsium
- Potasium
- Zat Besi
- Yodium
- Zat Sulfur

Fungsi :
     - Mencegah berbagai penyakit seperti gondok.
     - Memberi rasa asin dan gurih pada masakan
     - Mencegah tumbuhnya bakteri di masakan
     - Penghilang aroma amis dari ikan, ayam, dan sebagainya.


     2. Kelapa

     Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok (daging buah kelapa) adalah sumber penyegar populer. Daging buah mudah berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memiliki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini disebbut (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan.
     Daging buah tua ini juga dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra. Kopra adalah bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupana bahan campuran minuman penyegar. Daging buah kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah aroma pada masakan daging serta dapat dimanfaatkan sebagai obat rambut yang rontok dan mudah patah.


4. TELUR


Telur dihasilkan oleh hewan betina dari berbagai spesies, termasuk burung, reptil, amfibi, mamalia, ikan, dan telah dimakan oleh manusia selama ribuan tahun. Telur yang paling umum dikonsumsi adalah telur ayam. Tellur unggas lainnya termasuk bebek dan burung puyuh juga dimakan. Dan telur ikan disebut roe dan kaviar.

Telur burung telah menjadi bahan makanan yang berharga sejak prasejarah, baik di masyarakat berburu dan budaya yang lebih baru di mana burung dijinakkan. Ayam mungkin dijinakkan untuk telurnya (dari ayam hutan asli ke Asia Tenggara dan subtropis India) sebelum 7500 SM. Ayam dibawa ke Sumeria dan Mesir pada 1500 SM, dan tiba di Yunani sekitar 800 SM, di mana burung puyuh adalah sumber utama telur. Di Thebes, Mesir, makam Haremhab, dibangun sekitar 1420 SM, menunjukkan penggambaran seorang pria membawa mangkuk telur burung unta dan telur besar lainnya, mungkin dari pelikan, sebagai persembahan. Di Roma kuno, telur diawetkan menggunakan sejumlah metode, dan makanan sering dimulai dengan telur. Bangsa Romawi menghancurkan cangkang di piring mereka untuk mencegah roh jahat bersembunyi disana. Pada abad pertengahan, telur dilarang selama masa Prapaskah karena kekayaan mereka. Kata mayones mungkin berasal dari moyeu, kata Prancis abad pertengahan untuk kuning telur, yang berarti pusat. Industri telur kering dikembangkan pada abad ke-19, sebelum bangkitnya industri telur beku. Pada tahun 1878, sebuah perusahaan di St. Louis, Missouri mulai mengubah kuning telur dan putih menjadi zat berwarna coklat muda, seperti makanan dengan menggunakan proses pengeringan. Produksi telur kering secara signifikan diperluas selama Perang Dunia 2, untuk digunakan oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya.

Telur ayam, telur yang paling sering dimakan, menyediakan 155 kalori (kkal) energi makanan dan 12,6 g protein dalam porsi 100 gram. Telur (rebus) memasok beberapa vitamin dan mineral sebagai jumlah signifikan dari Nilai Harian (DV), termasuk vitamin A (19% DV), riboflavin (42% DV), kolin (60% DV), asam pantotenat (28% DV), vitamin B12 (46% DV), kolin (60% DV), fosfor (25% DV), seng (11% DV) dan vitamin D (15% DV). Satu kuning telur mengandung lebih dari dua pertiga dari asupan harian yang direkomendasikan yaitu 300 mg kolesterol. Pola makan ayam petelur dapat memengaruhi kualitas nutrisi telur. Misal, telur ayam yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi diproduksi dengan memberi makan ayam diet yang mengandung lemak tak jenuh ganda dari sumber seperti minyak ikan, biji chia, atau biji rami. Ayam betina yang dibesarkan di padang rumput, yang mencari makan sendiri, juga menghasilkan telur yang relatif diperkaya dengan asam lemak omega-3 dibandingkan dengan ayam yang dibesarkan di kandang.

Telur ayam banyak digunakan dalam berbagai jenis hidangan, baik manis dan gurih, termasuk banyak makanan yang dipanggang. Beberapa metode persiapan yang paling umum termasuk orak-arik, digoreng, direbus, omelet dan acar. Mereka juga bisa dimakan mentah, meskipun ini tidak dianjurkan untuk orang-orang yang mungkin sangat rentan terhadap salmonellosis, seperti orang tua, yang lemah, atau wanita hamil. Selain itu, protein dalam telur mentah hanya 51% bioavailable, sedangkan telur yang dimasak mendekati 91% bioavailable, yang berarti protein dari telur yang dimasak hampir dua kali lebih mudah diserap dibandingkan protein dari telur mentah. Sebagai bahan, kuning telur adalah pengemulsi penting di dapur, dan juga digunakan sebagai pengental dalam custard. Albumen, atau putih telur mengandung protein sedikit atau tanpa lemak, dan dapat digunakan dalam memasak secara terpisah dari kuning telur. Protein dalam putih telur memungkinkannya untuk membentuk busa dan masakan soda. Putih telur dapat diangin-anginkan atau dikocok dengan konsistensi halus, dan sering digunakan dalam makanan penutup seperti meringue dan mousse.

Karakteristik telur adalah mempunyai cangkang yang keras dan kaku, selaput, putih telur dan juga kuning telur. Fungsi dari putih telur adalah mempertahankan posisi dan bentuk kuning telur. Fungsi dari putih telur adalah mempertahankan posisi dan bentuk kuning telur ditengah.

Komentar