Food Terminology

1. Tortilla (Meksiko)
http://www.top10indo.com/2016/10/15-makanan-khas-negara-negara-di-dunia.html

     Tortilla berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar. Di Meksiko, Amerika Tengah, Amerika dan Kanada, tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum.

Yang terbuat dari jagung giling adalah tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang 'asli'. Faktanya memang tipe tortlla ini telah ada sebelum kedatangan bangsa Eropa di benua Amerika, dan mendapatkan nama 'tortilla' dari orang-orang Spanyol karena kemiripannya dengan kue dan telur dadar tradisional Spanyol.

2. Bakpao kukus (Cina)
http://www.top10indo.com/2016/10/15-makanan-khas-negara-negara-di-dunia.html

     Bakpao merupakan makanan tradisional Tionghoa. Pao itu berarti bungkusan, dan bak itu artinya daging, jadi bakpao berarti bungkusan (berisi) daging.

Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan daging babi. Akan tetapi bakpao juga dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya. Kulitnya sendiri dibuat dari adonan tepung terigu diberi ragi lalu di kukus sampai matang.

3. Schwarzwalder Kirschtorte (Jerman)

http://www.top10indo.com/2016/10/15-makanan-khas-negara-negara-di-dunia.html

     Kue ini dikenal sebagai kue Black Forest, kue ini adalah kue khas Jerman yang paling terkenal di dunia. Kue ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser, schnapps ceri jernih khas daerah Schwarzwalder (Black Forest).

4. Sup Shchi (Rusia)
http://www.top10indo.com/2016/10/15-makanan-khas-negara-negara-di-dunia.html

     Shci adalah sup tradisional Rusia di mana telah dikenal sejauh abad ke-9, setelah kubis diperkenalkan dari Byzantium. Popularitasnya di Rusia berasal dari beberapa faktor. Shci sangat mudah dipersiapkan karena dapat dimasak dengan atau tanpa berbagai jenis daging.

Bahan-bahan sup ini meliputi daging ( terutama babi), kubis, kentang, tomat, wortel, bawang dan rempah-rempah.

5. Sill (Swedia)
http://www.top10indo.com/2016/10/15-makanan-khas-negara-negara-di-dunia.html

     Sill adalan asinan ikan hering yang berasal dari Swedia. Meski memiliki arti harfiah asinan, sebenarnya makanan ini lebih menyerupai ikan mentah yang difermentasikan bersama banyak bumbu. Semakin lama disimpan, bumbu tersebut semakin meresap ke dalam ikan sehingga baunya menjadi tajam.

Makanan ini hadir dalam berbagai varian seperti campuran bawang, merica dan tomat, sampai mustard dan biasanya disajikan bersama roti atau telur rebus.

6. Meat Pie (Australia)
https://en.wikipedia.org/wiki/Meat_pie



     Pie daging adalah kue dengan isian daging dan seringkali bahan-bahan lain yang lezat. Mereka populer di Ingrris, Australia, Ghana, Nigeria, Eropa, Selandia Baru, Kanada, Belize, Zimbabwe dan Afrika Selatan.


7. Apfelstrude (Austria)
https://en.wikipedia.org/wiki/Apple_strudel
     Apple strudel terdiri dari jaket kue strudel bolong dengan isian apel di dalammnya. Pengisian terbuat dari parutan apel masak. (Biasanya dari berbagai tart renyah dan aromatik, seperti apel Winesap, gula, kayu manis, kismis dan remah roti.


8. Macarons (Perancis)
https://en.wikipedia.org/wiki/Macaron

     Macaroon adalah meringue manis yang dibuat dengan putih telur, gula pasir, bubuk almond atau almond tanah, dan pewarna makanan. Diluar Perancis, macaron yang khas disajikan dengan ganache, buttercream atau selai isi yang diapit di antara dua kue tersebut, mirip kue sandwich.

9. Biltong (Afrika Selatan)
https://id.wikipedia.org/wiki/Biltong
     Biltong adalah makanan berupa daging kering berbumbu yang bersala dari Afrika Selatan. Makanan ini dapat dibuat dari berbagai jenis daging, seperti : daging sapi, daging buruan, atau burung unta dari peternakan. Biltong dibuat dari fillet daging mentah yang dipotong panjang searah serabut otot, atau diiris dengan memotong serabut otot.

10. Squeaky Cheese ( Finlandia)
https://en.wikipedia.org/wiki/Leip%C3%A4juusto
     Juga dikenal di Amerika Serikat sebagai keju melengking Finlandia, adalah keju segar yang dibuat secara tradisional dari sapi, susu yang kaya dari sapi yang baru-baru melahirkan. Rusa atau bahkan susu kambing juga bisa digunakan.

Komentar