Describes Some Ingredients

LADA HITAM 


Lada hitam (blackpepper) adalah sejenis rempah yang sudah terkenal sejak dahulu. Tanaman ini berkembang subur di negara tropis dan lembab, banyak di jumpai di  China dan Asia Tenggara. Lada hitam memiliki warna buah merah gelap, sejak dahulu merupakan salah satu jenis pangan yang ramai diperdagangkan.

1. Kandungan Gizi

(Piperoylpiperidine), adalah senyawa aktif utama yang ada dalam lada hitam. Piperine dan isomernya merupakan faktor utama yang memberikan rasa pedas pada lada hitam.

Energi 17 kkal, Lemak 0,22 g, Lemak Jenuh 0,096 g, Lemak tak Jenuh Ganda 0,069 g, Lemak tak Jenuh Tunggal 0,051 g, Kolesterol 0 mg, Protein 0,72 g, Karbohidrat 4,41 g, Serat 1,7 g, Gula 0,04 g, Sodium 1 mg, Kalium 92 mg, Kalsium 31 mg.

2. Fungsi Lada Hitam

Selain fungsi utamanya yaitu bumbu masak, lada hitam juga berguna untuk kesehatan manusia. Adanya antioksidan di dalam Lada Hitam dapat mencegah berkembangnya sel kanker kulit dan juga usus besar. Rempah yang satu ini bisa mengatasi masalah bagi mereka yang sering kembung atau sakit maag. Selain itu, Lada Hitam juga bisa dimanfaatkan sebagai resep bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Hanya dengan menaburkan makanan anda dengan bubuk lada hitam.

3. Karakteristik Lada Hitam

Lada hitam mempunyai beberapa ciri-ciri seperti daun yang tebal dengan warna hijau dan bentuk seperti telur. Tanaman lada hitam juga memiliki bunga yang berwarna putih dan panjang yang menghasilkan buah-buah pendek yang menggelantung dengan panjang 4 sampai 12 cm. Buah yang dihasilkan seperti beri berwarna hijau ketika mentah dan berubah menjadi merak ketika matang.
Lada hitam tersedia dalam warna putih dan hitam. Lada hitam dibuat dengan proses mendrying atau menjemur buah yang matang maupun yang belum matang dibawah sinar matahari. Sedangkan lada putih digunakan proses perendaman dan pengelupasan kulit luarnya sebelum dipanaskan.



Komentar