Food Terminology

Terminology

1. Pate
     Hidangan pembuka dingin yang terbuat dari daging ayam, sapi, ikan, hati yang dicincang halus dan diberi bumbu kemudian di cetak dengan cetakan empat persegi panjang, bahan dan dibungkus dengan adonan (pie) kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan dipanggang di dalam oven. Setelah dingin diberikan lapisan aspic jelly dan dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Dihidangkan seberat 75-100 gr/orang. Nama Pate diambil dari pokok yang dipergunakan misalnya chicken pate, game pate, veal pate, fish pate atau liver pate.

2. Chowder
     Tipe soup atau stew yang sering disiapkan dengan susu atau krim dan dikentalkan dengan pecahan keruk, biskuit atau roux. Variasi chowder bisa seafood atau sayuran.


3. Bisque
     Berasal dari Perancis dan terkait erat dengan chowder. Perbedaan antara bisque dan chowderadalah bahwa bisque adalah sebagian atau sepenuhnya mulus tapi chowder memiliki potongan bahan di dalamnya. Biasanya terbuat dari kerang.



4. Bolognese
     Saus yang berasaskan daging untuk pasta berasal dari Bologna, Italia, (terkenal dengan nama ragu), dibuat dari saus tomat yang berpadu dengan daging cincan dan rempah-rempah (daging sapi muda yang dicincang halus, di campur pacetta atau Italian bacon, bawang bombay dan wortel, ada juga yang menambahkan jamur kering atau hati ayam.


5. Broiche
     Sebuah roti diperkaya tinggi asal Perancis, yang kandungan telur dan menteganya yang tinggi menghasilkan remah roti yang kaya dan lembut. Roti ini agak mengembang sesuai proporsi mentega dan telur. Roti ini memiliki kulit gelap, emas, dan rapuh.


6. Crepes
     Crepes adalah panekuk tipis versi Perancis. Makanan ini dapat diberi topping apa saja seperti krim, stroberi, ham dan keju. Meskipun makanan ini sekarang mudah ditemukan di mana saja, crepes adalah salat satu makanan yang wajib dicoba ketika berada di Perancis. Crepes memiliki rasa yang lezat dan dapat dimakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

7. Escargot
     Escargot adalah makanan terkenal Perancis yang menggunakan bahan dasar bekicot. Bekicot mungkin bukan makanan yang lezat bagi banyak orang, namun apabila dimasak dengan tepat dapat dibuat menjadi makanan lezat. Daging bekicot sangat kaya protein, vitamin B2 dan mengandung asam amino yang baik untuk tubuh. Daging bekicot sudah dikonsumsi secara luas di berbagai negara seperti Jepang dan Cina yang biasa memasaknya dengan jahe, cuka dan kecap. Escargot di Perancis biasanya dimasak dengan mentega dan bawang putih yang membuat rasanya  benar-benar lezat.

8. Bouillabaisse
     Bouillabaisse adalah makanan khas Perancis dengan bahan dasar ikan yang disajikan dengan sup. Makanan ini awalnya berasal dari Yunani kuno. Bouillabaisse dikonsumsi pertama kali oleh para pemancing di Goudes, di wilayah kota Marseille. Makanan ini menjadi salah satu yang paling dicari oleh penggemar kuliner tradisional di Perancis. Ikan biasanya disajikan secara terpisah bersama dengan saus rouille dan roti panggang yang ditambahkan ke dalam sup.


9. Gaufres
     Gaufres adalah salah satu makanan jalanan paling populer di Perancis. Makanan ini mirip dengan wafel Belgia yang disajikan dengan selai cokelat dan gula bubuk sebagai topping. Harga Gaufres sangat terjangkau dan mudah ditemukan di jalanan berbagai kota di Perancis. Memakan Gaufres sambil berjalan-jalan di Perancis pada malam terang bulan dapat menjadi kenangan indah dalam hidupmu.


10. Foie gras
     Foie gras terbuat dari hati bebek atau angsa dan merupakan salah satu makanan terlezat di Perancis yang pernah ada. Foie gras tidak terlalu populer di Indonesia, tapi, makanan ini sangat penting di sejarah kuliner Eropa terutama di Perancis, Bulgaria dan Hongaria. Foie gras tergolong makanan paling tua di Eropa. Orang Bulgaria telah memasaknya sejak 2000 tahun lalu. Foie gras adalah makanan yang wajib dicoba jika berada di restoran Perancis meskipun harganya cukup mahal.

Komentar