Describe Some Ingredients

1. Keju

Hasil gambar untuk keju
History : keju ditemukan pertama kali di Timur Tengah oleh seorang pengembara dari Arab. Pengembara tersebut melakukan perjalanan di padang gurun mengendarai kuda dengan membawa susu di pelananya.Setelah beberapa lama, susu tersebut telah berubah menjadi air yang pucat dan gumpalan-gumpalan putih. Karena pelana penyimpan susu terbuat dari perut binatang (sapi, kambing ataupun domba) yang mengandung rennet, maka kombinasi dari rennet, cuaca yang panas dan guncangan-guncangan ketika mengendarai kuda telah mengubah susu menjadi keju, dan setelah itu orang-orang mulai menggunakan enzim dari perut binatang untuk membuat keju.

Nutrisi :
Hasil gambar untuk nutrisi keju

Manfaat :
1. Profil asam amino dalam keju cukup lengkap untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh dan tulang.

2. Kaya riboflavin yang bermanfaat membantu metabolisme karbohidrat dan menjaga kesehatan membran mukosa.

3. Kaya vitamin B12 dan asam folat dalam keju yang bermanfaat membantu sintesa DNA, pematangan sel darah merah dan menjaga fungsi syaraf.

4. Kaya vitamin A yang penting bagi indra penglihatan, kesehatan kulit, jaringan permukaan dan perlindungan terhadap infeksi.

5. Kaya selenium yang penting untuk sintesa suatu enzim antioksidan.

6. Kaya fosfor yang bermanfaat sebagai pembentuk ATP untuk produksi energi, pembentuk tulang dan gigi dan keseimbangan asam basa.
7. Kaya kalsium yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi, pembekuan darah,menjaga fungsi saraf, otot dan irama jantung.

8. Keju juga mengandung tryptophan, sejenis asam amino yang mampu meredakan setress, membantu tidur dan mengurangi sindrom pra menstruasi.

9. Kandungan kalori dan karbohidratnya juga sangat rendah sehingga cocok sebagai makanan diet.

10. Mengandung banyak mineral sehingga sangat baik untuk melindungi gigi dari kerusakan.


2. Mangga
Hasil gambar untuk mangga
Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah. Mangga termasuk dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiacea. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Nama ini kira-kira mengandung arti : "(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India.

Manfaat buah mangga yaitu mengurangi diabetes, pencegahan degenerasi makula, mencegah penyakit jantung, pencegahan kanker, menyehatkan tulang, membantu pencernaan, zat besi tinggi untuk wanita, menjaga kadar kolesterol, menyehatkan mata, dan pencegahan asma.

3. Biji Pala

Pala atau  dikenal dengan nama nutmeg dalam Bahasa Inggris, didapat dari gilingan biji buah pala. Pala digunakan untuk menambah rasa pedas dan berempah dalam masakan atau minuman. Banyak dihasilkan di daerah Maluku, terutama Halmahera. Pala berbentuk bulat dan keras serta berwarna kehitaman. Pala dapat bertahan lama dalam keadaan kering sehingga bumbu ini merupakan item wajib di dapur ibu-ibu nusantara. Pala dapat disimpan kering atau dijadikan bubuk. Pala mampu membantu menghangatkan tubuh dan membuat sedap makanan.

Komentar