Describe Some Ingredients

1. JINTEN

Rempah ini termasuk dalam keluarga peterseli, seperti bulir padi, berwarna kecoklatan sampai hitam. Di pasaran ada jinten putih dan jinten hitam. Rempah yang satu ini terkenal karena bijinya yang wangi, rasanya yang pedas, dan sifatnya yang panas. Daya tahan jintan segar dalam suhu normal bisa sampai 1 tahun dalam keadaan kering, sedangkan jinten serbuk bisa bertahan hingga 6 bulan. Rempah jinten biasanya diolah dalam makanan opor dan gulai.

2. KUNYIT


Jenis tanaman ini tergolong jahe-jahean, kunyit memiliki warna kuning pada daging buahnya. Biasanya digunakan sebagai bahan pewarna untuk makanan atau masakan rumahan. Untuk menjadikan kunyit sebagai bahan masakan, gunakan air perasan kunyit ini sendiri, ada juga yang menggeprek seperti yang umum dilakukan kepada jahe kemudian dimasukkan ke dalam masakan. Proses masakan yang menggunakan banyak air akan membuat kunyit mengeluarkan cairan kuning yang nantinya akan berpengaruh pada warna masakan yang dihasilkan. Kunyit juga berwujud serbuk.

3. LENGKUAS

Umumnya lengkuas digunakan untuk menonjolkan rasa dari bumbu-bumbu pedas berbahan dasar bawang merah dan cabai. Lengkuas bisa dimanfaatkan sebagai kremes atau serundeng untuk masakan yang digoreng misalnya ayam atau empal goreng. Lengkuas memiliki rasa gurih dan manis serta beraroma harum, selain itu lengkuas salah satu bahan dalam bumbu masakan, lengkuas berbentuk padat, bulat oval, dan besar.

Komentar