Daily report

Daily report tanggal 23 Oktober 2018
Halo teman-teman pembaca, hari ini saya akan kembali melanjutkan cerita saya tentang kegiatan di dapur seni kuliner poltekpar Makassar. Kemarin setelah keluar dari dapur saya pulang dan langsung konfirmasi ke pak Ical tentang kesalahpahaman yang terjadi bahwa pada hari Jumat lalu saya telah meminta izin beliau untuk pulang lebih awal sebelum general cleaning selesai. Dan setelah masalah selesai, saya akhirnya di izinkan masuk untuk melakukan praktik kembali.

      Sebenarnya untuk praktik kali ini saya berada di pastry section, tapi pada saat saya masuk kitchen teman saya Mifta meminta bantuan untuk membantunya dalam menghandle prawn of meuniere karena dia cukup kebingungan, tetapi sebelum membantu Mifta saya  ke pastry untuk bertanya ke darma tentang dimana saya harus bekerja karena  Mifta juga  meminta bantuan saya, tapi darma mengatakan dimana-mana  kamu nyaman. Jadi saya memutuskan untuk membantu Mifta, sayapun menjelaskan langkah-langkah pembuatan prawn of meuniere sesuai dengan yang ada di recipe. Setelah selesai menjelaskan, tiba-tiba kami di instruksikan untuk oneline oleh pak Ical, dan kamipun segera melakukan oneline di main kitchen.

     Pak Ichal datang menjelaskan sedikit dan kemudian mengatakan bahwa chef dino akan mengajari kami untuk menu ala'carte hari ini dan kamipun seketika itu senang. Saya senang dengan metode pengajaran dari chef dino sendiri, kenapa? Karena dalam memberikan penjelasan beliau efektif dan efesien, dapat saya katakan semua penjelasan beliau to the point dan dapat langsung di mengerti. Setelah penjelasan tentang menu selesai, Mifta kemudian menyuruh saya untuk membantu Dini dalam menghandle potato gnocchi, awalnya saya menolak karena saya pindah ke section Main course hanya untuk membantunya, tapi kemudian saya disuruh lagi membantu Dini mengelolanya potato gnocchi. Tapi setelah mengetahui hanya dini yang menghandle potatoe gnocchi sendiri, sayapun tersentuh untuk membantunya, sambil belajar hal baru. Awalnya dini dibantu Yuda, tapi entah kenapa Yuda malah membantu Mifta menghandle prawn of meuniere. 

     Akhirnya, saya bertanya ke dini tentang kesiapan bahan-bahan untuk membuat potatoe gnocchi, setelah semua bahan siap, chef dino datang dan mengajari kami cara pembuatannya. Pertama-tama untuk membuat potato gnocchi, kita rebus kentang terlebih dahulu hingga tender, kemudian di haluskan, kemudian menambahkan fresh milk ke dalam kentang dan terakhir tepung dan seasoning dengan salt and pepper. Setelah itu adonan di bentuk menggunakan garpu untuk membentuknya menyerupai kerang. Saya bertanya ke pada chef dino mengapa adonan harus dibentuk dengan garpu dan mengapa bentuknya seperti itu, beliau menjawab karena itulah inti dari makanan ini yaitu gnocchi yang artinya kerang dalam bahasa Italia, dan sayapun paham dengan apa yang sedang saya lakukan.

Berikut foto-foto untuk praktik saya hari ini :



Untuk penyajiannya sendiri, potato gnocchi di sajikan dengan tomato sauce. Pertama-tama adonan di blanch, dan kemudian disaute dengan tomato sauce. Dan untuk platingannya di sprinkle dengan keju parmesan.

Sekian untuk cerita saya ini.
Terimakasih telah membaca dan teruslah membaca ;)
    

Komentar