Describes Ingredients


          1. Biji Pala

     Pala atau dikenal dengan nama nutmeg dalam Bahasa Inggris, didapat dari gilingan biji buah pala. Pala digunakan untuk menambah rasa pedas dan berempah dalam masakan atau minuman. Banyak dihasilkan di daerah Maluku, terutama Halmahera.
     Pala berbentuk bulat dan keras serta berwarna kehitaman. Pala dapat bertahan lama dalam keadaan kering sehingga bumbu ini merupakan item wajib di dapur ibu-ibu nusantara. Pala dapat disimpan kering atau dijadikan bubuk. Pala mampu membantu menghangatkan tubuh dan membuat sedap makanan.

Nutrisi :


  • Jumlah Kandungan Energi Buah Pala = 42 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Buah Pala = 0,3 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Buah Pala = 0,2 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Pala = 10,9 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Buah Pala = 32 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Pala = 2 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Pala = 29 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Pala = 0 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Pala = 22 mg


  • Fungsi :
              Pala berfungsi sebagai penghangat tubuh dan menjaga metabolisme serta membantu proses detoksifikasi alami. Saat ini, pala juga sedang diteliti dan dikembangkan sebagai penghambat sel kanker darah karena mengandung semacam minyak esensial. Baik untuk kesehatan kulit dan menjaga sirkulasi darah.
              Menambah rasa rempah dan aroma yang kuat dalam masakan. Pala berkhasiat pula untuk menghilangkan bau tidak seap dalam bahan masakan misalkan ikan.



              2. Garam Dapur
         Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya garam dapur yang tersedia secara umum adalah Natrium klorida (NaCI) yang dihasilkan oleh air laut. Garam dalam bentuk alaminya adalah mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite.
         Garam sangat diperlukan tubuh, namun bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu garam juga digunakan untuk mengawetkan makanan dan sebagai bumbu. Untuk mencegah penyakit gondok, garam dapur juga sering ditambahi yodium.

    Nutrisi :

    - Magnesium
    - Kalsium
    - Potasium
    - Zat Besi
    - Yodium
    - Zat Sulfur

    Fungsi :
         - Mencegah berbagai penyakit seperti gondok.
         - Memberi rasa asin dan gurih pada masakan
         - Mencegah tumbuhnya bakteri di masakan
         - Penghilang aroma amis dari ikan, ayam, dan sebagainya.


         3. Kelapa
     
         Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok (daging buah kelapa) adalah sumber penyegar populer. Daging buah mudah berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memiliki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini disebbut (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan.
         Daging buah tua ini juga dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra. Kopra adalah bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupana bahan campuran minuman penyegar. Daging buah kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah aroma pada masakan daging serta dapat dimanfaatkan sebagai obat rambut yang rontok dan mudah patah.

    Nutrisi :
    - Energi 36,04 kcal
    - Protein 0,53 gr
    - Lemak 0,48 gr
    - Karbohidrat 7,42 gr
    - Vit. C 2,12 mg
    - Kalsium 3,71 mg
    - Zat Besi 0,53 mg
    - Fosfor 15,9 mg
    - Air 44,15 gr
    - Mineral 0,42 gr


    Fungsi :
    - Santan kelapa untuk tulang
    - Menurunkan tekanan darah
    - Menurunkan berat badan
    - Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    - Meningkatkan energi
    - Melemaskan otot
    - Pengganti cairan tubuh

    Komentar