Daily Report

     Hai teman-teman pembaca... berjumpa lagi di blog ini BelajrKuliner.
Kali ini saya akan menceritakan tentang praktik terakhir saya di minggu ini. Hari kamis tanggal 9 Agustus 2018. Untuk menu praktik kali ini ada Celebes Buffet. Pada menu Celebes Buffet ada Peco Doang dan Jalang Kote untuk appetizernya, Sop Saudara dan Pallu Ce'la untuk supnya, ada Nasi putih, Konro Bakar dan Pakis Lawar untuk main coursenya, ada Kerupuk, Acar dan Sambal, dan yang terakhir ada Pisang Ijo dan Cucuru Bayao untuk dessert. 

     Hari ini saya bersama dengan teman saya membuat Bumbu Kacang untuk Konro Bakar dan Nasi Putih. Bahan untuk membuat Bumbu Kacang itu sendiri ada Kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabai merah, asam jawa, gula merah, dan untuk seasoningnya ada salt dan pepper. Pertama-tama bawang merah, bawang putih dan cabai merah di haluskan menggunakan blender. Untuk kacang tanahnya di saute terlebih dahulu sebelum di haluskan juga. Untuk tekstur kacangnya tidak terlalu halus. Untuk asam jawanya di larutkan di dalam air, untuk airnya disesuaikan, kemudian di peras dan ampasnya di buang. Setelah itu bumbu yang telah di haluskan tadi di saute lagi, dengan menambahkan air perasan asam jawa tadi sesuai dengan selera, dan tambahkan gula merah sampai rasanya pas. Jangan lupa untuk seasoning dengan salt and pepper

     Untuk nasi putihnya, tentu saja bahan yang butuhkan yaitu beras. Pertama-tama cuci berasnya, untuk pencucian beras yang baik sebanyak 3 kali. kemudian masak berasnya dengan menggunakan wok dengan menambahkan sedikit air. Setelah air tersebut menyerap di berasnya, didihkan air di steamer, setelah itu pindahkan beras yang di wok tadi ke steamer dan steam hingga masak. Untuk waktu steam sekitar 20 sampai 25 menit. 

    Berikut foto-foto untuk praktik hari ini :




     Sekian untuk cerita saya hari ini.
Terima kasih telah membaca, dan teruslah membaca ;)

Komentar