Describes Some Ingredients

JAHE
         Jahe adalah salah satu bumbu masakan yang memiliki bentuk mirip dengan lengkuas dan berakar. Jahe memiliki rasa yang pedas dan hangat. Pedas yang dimaksud bukanlah rasa pedas seperti Cabai melainkan rasa pedas karena hangat. Bagian daging jahe berwarna kuning. Jahe juga terdapat beberapa macam yaitu, jahe gajah, jahe kuning, dan jahe merah. Jahe ini dapat berfungsi sebagai penghilang bau amis pada ikan. Jahe juga bisa dimasak menjadi minuman karena rasanya yang hangat dapat menghangatkan badan. Masakan yang menggunakan jahe biasanya sup atau ikan sarden.
        
         Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe di bawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa

Karakteristik : Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.
Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hinga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Fungsi : Jahe dapat diolah menjadi berbagai macam minuman seperti kopi jahe, teh jahe, gula jahe, dan masih banyak lainnya. Rasanya yang hangat sangat pas bila dinikmati ketika tubuh sedang tidak sehat ataupun dalam cuaca dingin. Untuk diolah ke dalam makanan biasanya jahe diiris-iris lalu dicampurkan ke dalam masakan.

Nutrisi : Jahe adalah bahan makanan maupun minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jahe mengandung energi sebesar 51 kilokalori
Protein 1,5 gram
Karbohidrat 10,1 gram
Lemak 1 gram
Kalsium 21 miligram
Fosfor 39 miligram
Zat besi 2 miligram
Selain itu di dalam Jahe juga terkandung :
Vitamin A sebanyak 30 IU
Vitamin B1 0,02 miligram
Vitamin C 4 miligram
Hasil tersebut di dapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram jahe, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 97%



Komentar