Daily Report

Hari ini saya dan teman-teman saya memasuki kitchen sekitar pukul 8 pagi. Setelah nama kami disebut satu persatu, saya masuk dan menyimpan tas saya di dalam loker, kemudian mengisi absen nomor loker. Saya menuju ruang cold kitchen untuk bergabung  dengan teman-teman saya dan melalukan one line seperti biasanya. Sebelum praktik dimulai kami berdoa dulu, dimana doa di pimpin oleh ketua kelas. Selesai berdoa, senior langsung menanyakan tentang prepare an yang kami lakukan kemarin apakah telah siap untuk di masak hari ini sembari menunggu dosen untuk memberikan arahan.

Beberapa waktu kemudian, dosen pun datang dan langsung memberikan arahan kepada kami tentang produk yang harus kami buat hari ini untuk disajikan saat resto open untuk makan siang. Setelah selesai memberikan arahan, kami langsung dipersilahkan untuk langsung mengambil bahan-bahan tersebut dan mengolahnya sesuai dengan recipe yang kami pegang. Dalam pembuatan produk ini kami sangat dibantu oleh senior yang mengincharge kami. Adapun produk yang kami buat hari ini adalah Indonesian produk, yaitu untuk appetizernya ada sambal ulang-ulang, untuk soup ada Sop Kacang Merah, untuk main coursenya ada Bebek Menyatnyat dengan nasi putih dengan sambal matah dan plecing kangkung, dan untuk dessertnya ada bika ambon
Sambal ulang-ulang

Sop Kacang Merah

Ayam Menyatnyat

Bika Ambon

Sebelum di sajikan, dosen mengajarkan kami bagaimana cara untuk plating produk dengan baik. Saat resto open, semua produk kami pun telah selesai di plating. Resto open sekitar pukul 12 siang sampai pukul 2 siang. Hari ini kami masih menggunakan sistem menu Table D'hote, tapi dengan rotasi menu yang berbeda yaitu Rotasi 1.3. Setelah resto tutup, kami di beri waktu sekitar satu jam untuk beristirahat, lalu kemudian kembali one line. Sejam kemudian kami di instruksikan untuk one line, dosen kemudian masuk untuk memberikan nasehat kepada kami. Setelah itu, kami gc.

Komentar